MPR Jadwalkan Waktu Pelantikan Presiden-Wapres Pukul 14.00 WIB


Penulis: Putra Ananda - 09 October 2019, 20:12 WIB
Antara/Wahyu Putro A
Antara/Wahyu Putro A

MPR RI mengusulkan untuk mempercepat jadwal pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, dari semula pukul 16.00 WIB menjadj pukul 14.00 WIB.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjelaskan hari pelantikan presiden tetap akan dilakukan pada Minggu 20 Oktober 2019 mendatang.

"Kita sepakat untuk mengusulkan nanti baik kepada kesekjenan, maupun protokol istana, baik juga kepada presiden untuk dilakukan jam 14.00 WIB," ujar Bamsoet di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (9/10).

Bamsoet menuturkan, terdapat beberapa pertimbangan yang menjadi alasan MPR mengusulkan untuk memulai prosesi pelantikan presiden dan waki presiden pada pukul 14.00 WIB. MPR menganggap pelantikan yang dilakukan pukul 16.00 WIB terlalu mepet dengan waktu ibadah sholat magrib bagi umat muslim.

Baca juga : Pimpinan DPR Fokus Persiapan Pelantikan Presiden dan Wapres

"Sementara kalau pagi ada kegiatan car free day dan ada saudara-saudara kita yang ibadah di Minggu pagi. Maka dari itu MPR usulkan pukul 14.00 siang," jelasnya.

Selanjutnya, Bambang mengatakan, menjelang pelantikan presiden tanggal 20 Oktober 2019, pimpinan MPR akan mengunjungi serta mengundang langsung mantan-mantan presiden seperti Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian, kata dia, MPR juga akan mendatangi pasangan kandidat Pilpres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

"Menjelang pelantikan tanggal 20 Oktober, kami juga akan mendatangi, para kandidat Presiden Pak Prabowo, Pak Sandi Uno, Pak Jokowi dan Pak JK, Pak Ma'ruf Amin, Kita juga akan mengunjungi mantan presiden-presiden seperti Ibu Megawati dan Pak SBY," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT